5 Tips Merawat Mobil

berwisata di new normal
Mau Berwisata setelah Covid-19? Simak 4 Hal yang Harus Diperhatikan Untuk Menjaga Keselamatan
August 10, 2020
Tips and Trik aman memakai Mobil Sewa
Tips and Trik aman memakai Mobil Sewa
August 12, 2020

5 Tips Merawat Mobil

tips merawat kendaraan

tips merawat kendaraan

5 Tips Merawat Mobil

Jika ingin bepergian, alangkah baiknya memeriksa kendaraan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Berikut adalah 5 Tips Merawat Mobil yang sudah kami rangkum:

  1. Melakukan servis secara berkala.

Melakukan servis mobil secara rutin akan sangat menguntungkan, karena mobil akan selalu berada dalam performa maksimal nya. Apabila mobil jarang di servis, besar kemungkinan akan muncul masalah-masalah lain. Dengan servis rutin, mesin dan komponen lainnya akan terawat dan terhindar dari kondisi rusak berat yang harus mengeluarkan biaya yang lebih besar.

  1. Gunakan suku cadang resmi.

Selalu gunakan suku cadang resmi sesuai jenis mobil. Dengan menggunakan suku cadang palsu bukanlah solusi menghemat biaya perawatan mobil. Tidak bisa dipungkiri, memang harganya akan jauh lebih murah dibandingkan dengan yang asli. Karena hal itu bisa saja mengakibatkan masalah yang lebih kedepanya. Bukannya mendapatkan untung, malah berujung rugi. Sebaliknya suku cadang resmi yang direkomendasikan memiliki kualitas baik dan tahan lama.

  1. Selalu cek kelistrikan mobil.

Dalam menggunakan kendaraan kita juga harus selalu mengecek kelistrikan pada kendaraan, cara merawat mobil yang satu ini sebenarnya gak cuma berlaku ketika musim hujan. Buat yang tinggal di kota besar, musim hujan tentu bakal membuat kondisi jalanan jadi macet. Mobil terpaksa stop and go terus. Hal itulah yang membuat umur pakai aki jadi berkurang.

 

Ada dua jenis aki yang berada di pasaran, yaitu kering dan basah. Aki kering tidak perlu perawatan khusus, akan tetapi harus rutin melakukan pengecekan ketika usianya sudah lewat satu tahun. Ketika tegangannya kurang 10 volt, atau saat bunyi mobilmu beda saat distarter, mungkin itu adalah tanda-tanda di mana aki keringmu harus diganti. Berbeda dengan aki basah. Pemilik kendaraan yang menggunakan aki basah disarankan untuk rutin memeriksa kondisi air aki di dalamnya.

  1. Rutin melakukan pemeriksaan pada rem.

Jika sering mengendarai kendaraan, kita harus melakukan pemeriksaan pada rem. Dan memperhatikan tanda-tanda khusus yang menandakan rem perlu diperiksa, seperti : Suara yang keras saat melakukan pengereman, getaran pada stir mobil saat melambat atau berhenti, dan terdengar suara pada cakram saat melakukan pengereman.

  1. Menjaga tekanan angin pada ban.

Usahakan agar tekanan ban sesuai dengan rekomendasi. Kamu bisa lihat di buku manual atau memeriksanya di tempat tambal ban. Ketika tekanan terlalu rendah, maka permukaan ban yang bersentuhan dengan aspal jadi tidak merata. Sementara jika terlalu tinggi, bagian tengah ban yang akan lebih cepat terkikis.

Yang paling penting adalah, kita tidak pernah tahu apa yang ada di balik genangan air yang kita terjang. Bisa jadi ada benda atau partikel tajam yang justru bisa merusak ban kita sendiri.

Lihat juga yang lainya

Tips and Trik aman memakai Mobil Sewa